Tak banyak Teori dan langsung praktek.. Mau kursus di LKP A'NUR? Daftar online sekarang juga...

   
     Kontak : +62 81568432040
Tap To Call

Macam Kerah Wanita

Kerah adalah  bagian  dari sebuah   pakaian, yaitu bentuk bagian terpisah untuk menyelesaikan garis leher. Kerah salah satu bagian busana yang memberikan keindahan pada busana. Kerah menempel di bagian lingkar leher, sehingga menjadi hiasan untuk bagian leher busana. Kerah juga dapat memberikan kenyamanan pada pemakai, apalagi jika melihat dari pertimbangan iklim pada suatu daerah yang berbeda-beda.

Menurut bentuk dasarnya kerah dibagi menjadi 3 yaitu kerah rebah, kerah setengah berdiri, dan kerah tegak  atau berdiri.

1.Kerah Rebah (Flat Collar)

Kerah yang letaknya merebah sekeliling badan dan bahu tanpa penegak. Ciri-ciri yang dapat dijadikan patokan untuk menentukan bentuk dan model kerah rebah yaitu dari penegaknya. Variasi bentuk kerah rebah seperti ini biasanya kita dapatkan di dress atau blouse.

Variasi Kerah Rebah 2

Variasi Kerah 1

2. Kerah Setengah Tegak (Roll Collar)

Kerah Setengah Tegak atau Setengah Berdiri atau Kerah Roll (Roll Collar), adalah kerah yang memiliki penegak di bagian belakang sehingga bentuknya tegak di belakang dan merebah di muka, cirinya bagian belakang nampak lebih tinggi karena ada penegaknya. Variasi bentuk kerah semacam ini biasanya bisa kita temukan pada blazer atau jaket.

Variasi Kerah Setengah Tegak

3.Variasi Kerah Tegak (Stand Collar)

Kerah Tegak atau Berdiri (Stand Collar) adalah kerah yang letaknya tegak di sekeliling leher dan hampir menutupi setengah panjang leher, jika dilihat dibagian belakang tampak tegak dan tinggi. bentuk kerah ini bisa kita dapatkan di pakaian model cheongsam atau sweater.

Variasi Kerah Tegak

Variasi Kerah 2

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *